Rabu, 20 Juli 2016

Pengalaman Melakukan Pembelian Aksesoris Komputer di jakartanotebook.com

hi learners!

Dalam post kali ini, saya akan menceritakan pengalaman melakukan pembelian di jakartanotebook.com terhitung proses registrasi akun sampai dengan proses penerimaan barang di lokasi yang mereka tentukan.

Jadi, pada hari minggu kemarin, saya sedang browsing dan iseng membuka situs jakartanotebook.com . Kebetulan hampir 2 tahun lalu saya melihat rekan kerja saya sedang menjelajahi situs ini. Info yang saya gali dari dia adalah ternyata barang-barang di situs ini termasuk murah (alert ibu-ibu senang barang murah berbunyi, sekalipun gua ini bukan ibu-ibu). Lucu juga sih karena baru tahun ini saya kepikiran untuk coba.

Pada saat itu yang terbenak di pikiran saya adalah aksesoris untuk macbook air saya. hehehe alasannya sederhana, membeli di store resmi Apple harganya selangit. terakhir beli di infinite untuk anti gores layar saja, saya harus merogoh kocek sekitar 300 ribu rupiah lebih. Alasannya sih karena original atau termasuk brand yang direkomendasikan oleh Apple.
Akan tetapi sebagai rakyat jelata, saya pun sadar harus mempertimbangkan daya beli saya. Oleh karena itu, sebagai bagian dari rojali (rombongan jarang beli), sejaksaat itu saya masuk ke toko resmi hanya untuk pegang-pegang gadget yang dipajang, atau sekedar lihat fitur atau spek tanpa pegang-pegang, agar bisa dapat perkiraan harga di pasaran.

Singkat kata, setelah mempertimbangkan barang yang akan dibeli, saya masuk ke situs tersebut dengan melakukan registrasi dan proses verifikasi berdasarkan email yang digunakan untuk login. saya pun mencoba mempelajari halaman dari situs tersebut, melakukan trial pengoperasian dalam merekam transaksi, dan lain-lain. Kebetulan di cara pengambilan barang, mereka membaginya menjadi 3 yaitu kirim paket, CoD, atau mengambil langsung di lokasi pick up.

Jadi setelah melakukan submit pada halaman pembelian, saya mendapat email sebagai berikut yang berisi rangkuman pemesanan saya (detail barang, nominal yang harus dibayarkan, dan cara pembayaran):








Setelah mendapat email tersebut, lalu saya proses pembayaran melalui transfer ke Bank yang disebutkan. oh iya, mereka menggunakan kode unik untuk melakukan transfer yang ditambahkan pada 2 digit paling akhir dari nominal. Saya pun men transfer sejumlah uang tersebut, kemudian kembali ke website untuk melakukan konfirmasi pembayaran (mohon maaf tidak ada screenshotnya, namun teman-teman tidak perla khawatir karena arahan mereka sangat jelas kok yang penting dibaca dengan baik petunjuknya).

Saat konfirmasi sudah disetujui oleh pihak mereka, email berupa invoice pick up dan keterangan terkait lainnya, masuk:



Eits, tetapi jangan terburu-buru! Sekalipun sudah dapat invoice pick up, ternyata pembeli harus menunggu email konfirmasi bahwa barang sudah siap dan bisa diambil:



Nah, bila sudah menerima email ini, maka teman-teman dapat mengambil barang tersebut di lokasi jakarta notebook. Kebetulan karena saya domisili Jakarta, berikut alamatnya yang saya ambil dari google maps. Fyi, lokasi mereka sangat dekat dengan Central Park, bahkan dapat diakses dari pintu tribeca 2.




nah yang ini penampangan kalau di zoom in:



di depan rukonya ada logo mereka, jadi tidak usah khawatir untuk sulit menemukannya:


Karena waktu itu pemesanan saya dilakukan hari minggu, maka pengambilan tidak bisa dilakukan, dan hanya bisa dilakukan pada waktu berikut (ini saya copy-paste langsung dari body email):


Pesanan dapat diambil di :

Ruko Garden Shopping Arcade No. 8EK
Podomoro City - Central Park
Jl. Letjen S. Parman Kav. 28
Grogol - Petamburan, Jakarta Barat 11470
Jam Operasional :
Senin - Jumat : 10:00 - 19:00
Sabtu : 10:00 - 17:00
Minggu / Hari Libur : Tutup


Saya pun memutuskan untuk mengambil di hari selasa, berangkat ke lokasi dengan gojek hehehe maklum, sore alias jam pulang kerja, daerah tomang dan slipi macetnya naujubillah!
Dari kantor berangkat hampir setengah 6, dan sampai di lokasi jam setengah 7 malam.

Wah ternyata di lokasi sangat ramai! saya agak khawatir mengenai proses pengambilan barang, terlebih saya lihat dari luar ada banyak komputer/ laptop di meja tengah yang masih belum saya tahu untuk apa.

Kemudian saya pun masuk dan menghampiri salah satu mbak berseragam polo biru yang merupakan petugas yang berjaga. Mbak tersebut meminta kode pick up yang sudah saya cetak terlebih dahulu, untuk di bawa ke kasir lalu kembali ke saya dan mengatakan bahwa saya cukup duduk dan menunggu nama di panggil. Benar saja, saya lihat di layar mereka ada nama Harmina Doank dalam list hahaha
wah semudah itu ternyata.

berikut penampakan dari layarnya:
Saya masih penasaran dengan komputer-komputer yang berjejer di tengah ruangan, ternyata setelah saya tanya komputer tersebut digunakan untuk melakukan pembelian langsung di lokasi. Para pembeli cukup login menggunakan akun masing-masing, lalu memilih barang yang diinginkan, kemudian proses pemesanan pun selesai. otomatis, nama mereka akan muncul langsung di layar. Wah, untuk kedua kalinya saya merasa bahwa proses pembelian sangatlah mudah dan cepat, orang tidak perlu ribut apalagi berebut antri. 

Saya pun tidak mau ketinggalan untuk mencoba melakukan pembelian di tempat. Saya pilih salah satu item, kemudian pesan. Langsung nama saya muncul di layar.
Berikut penampakan pembeli yang melakukan input di komputer untuk melakukan pembelian di tempat:

Bagi yang melakukan pembelian di lokasi, mereka melakukan pembayaran di kasir berikut:


Sedangkan untuk pengambilan barang, dilakukan di meja sebelah kasir:


Saya cukup takjub tengan manajemen inventory alias penyimpanan mereka. Bisa dibilang, barang yang mereka jual jenis nya sangat banyak dan itu pun bukan hanya barang besar tetapi juga printilan seperti aksesoris. Dalam waktu yang singkat, mereka dapat mengambil dan menyerahkan barang tersebut ke pembeli.

Yakkk!!
akhirnya saya mendapatkan barang yang saya pesan dan baru di lokasi saya beli dalam waktu kurang dari 30 menit!

Duh, bisa dibilang saya memilih pick up di lokasi karena salah teken T_T bukan cuma itu aja, saya salah mengambil ukuran untuk case laptopnya dimana seharusnya 11inch galah 13 inch. huhuhu jadi agak sedih deh dan mengingat tidak begitu urgent, saya mengurungkan niat untuk membeli case yang 11 inch.

cekidot barang-barang yang saya beli:


1. Yang ini semacam pelindung port atau lobang untuk dicolokkan ke laptop. hehehe lumayan murah loh harganya kurang dari 5000 rupiah

penampakan bungkusan


penampakan setelah dipasang ke laptop



cute banget yah? hahahaha
(wajah satpam, hati hello kitty)


2.  Kalau ini semacam bajunya keyboard hehehe harganya pun termasuk murah (jauh dibanding di toko ibox tau infinite). Saya sengaja memilih yang transparan hehe

penampakan bungkusnya



penampakan keyboard sebelum diberi baju


penampakan keyboard setelah diberi baju



3. Kalau yang ini penghubung ke VGA (maklum kerjaannya pasti presentasi-presentasi juga)



4. yang terakhir, huhuhuh.. clear case untuk laptopnya huaaa!! salah ukuran belinya. gpp deh, disimpan siapa tahu bisa buat kadoin orang, atau maybe punya rejeki untuk beli lagi dan lagi hahahah XD

penampakan zoom in


penampakan zoom out




Yang terakhir, berikut contoh struk pembeliannya, murah kannnn hehehe kalau ditotal dengan item nomer satu, jumlahnya masih kurang dari 100 ribu rupiah :




Sebagai penutup ada beberapa hal yang menjadi catatan dari saya:

1. Sebelum mantap mengakhiri transaksi di website, pastikan apa yang anda pesan adalah benar dan sesuai dengan warna, ukuran, maupun spefikasi yang anda butuhkan, serta cara mendapatkan barang apakah lebih nyaman memakai kurir, CoD, atau mengambil di lokasi mereka.
2. Baca baik-baik setiap instruksi pada website maupun email yang anda terima.
3. Buat yang penasaran mau coba melakukan pembelian di tempat, ada baiknya anda sudah browsing dan mempersiapkan list barang yang akan dibeli. Pastikan ketika anda browsing, keterangan wilayah dimana stok tersedia benar-benar diperhatikan. Saya melihat seorang bapak dan puteri kecilnya ketika melakukan pemesanan di komputer lokasi, membawa kertas yang bertuliskan daftar dan spesifikasi yang mereka inginkan. percaya lah, ga akan makan waktu lama kok untuk mereka menyediakan barangnya.


Salam Pembelajar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketentuan Pengambilan Nama Dalam Perhitungan Numerologi

Di dalam menghitung numerologi seseorang, informasi yang dibutuhkan hanya dua yakni nama lengkap dan tanggal lahir. Untuk menghitung nama le...